2009/06/11

Wabub OKI Buka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat * Lantik 17 Kades

KAYUAGUNG – Wakil Bupati OKI H Engga Dewata Zainal S Sos, membuka acara bulan bakti gotong royong masyarakat (BBGRM) dan melantik 17 Kepala Desa (Kades), serta menyerahkan Surat Keputusan (SK) Penetapan besaran Anggaran Dasar Desa (ADD) di Desa Sumber Deras, Kecamatan Mesuji, Kamis.
Salah seorang tokoh masyarakat setempat Suprianto mengaku, pihaknya sangat senang dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wabup tersebut. “Kami benar-benar merasa terhormat, karena desa kami telah dipercaya dijadikan sebagai tempat acara BBGRM itu,” katanya.
Selain itu, Suprianto mewakili masyarakat Desa Sumber Deras mengucapkan selamat kepada Bupati OKI Ir H Ishak Mekki MM dan Wakilnya H Engga Dewata Zainal S Sos yang telah terpilih sebagai kepala daerah di kabupaten tersebut untuk lima tahun kedepan. “Kami semua mendoakan agar Bapak Ishak dan Engga agar dapat mewujudkan OKI mandiri serta sejahtera,” tegasnya.
Pada kesempatan itu, Suprianto menyempatkan diri meminta bantuan kepada Bupati OKI agar membantu pembangunan Masjid Jamik Sumber Deras. “Saat ini dana dari swadaya masyarakat sudah terkumpul Rp533 juta, tetapi masih diperlukan Rp526 juta lagi untuk menyelesaikan pembangunan tempat ibadah Umat Islam tersebut,” ungkapnya.
Kepala Badan PMPD OKI Drs H A Hamid MSi mengatakan, tujuan BBGR adalah memelihara dan menjaga semangat gotong royong masyarakat dalam pembangunan. “Kegiatan ini kami beri tema ‘Dengan Semangat Gotong Royong Masyarakat, Kita Tekadkan OKI Bisa Berdayakan Masyarakat Menuju Kemandirian’,” ujarnya.
Adapun Kades yang dilantik merupakan hasil pemilihan Maret sampai Mei 2009, antara lain Kades SP3 Makmur, Kecamatan Tulung Selapan dan Kades Sinar Harapan Mulya, Kecamatan Teluk Gelam.
Juga diserahkan SK Bupati OKI tentang penetapan besaran dan ADD kepada Kades se Kabupaten OKI sebagai dasar penetapan APBDesa tahun 2009.
Wabup OKI Engga Dewata Zainal menambahkan, BBGR merupakan upaya untuk menjaga dan lebih menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktiv masyarakat dalam pembangunan sesuai dengan nilai budaya masyarakat.
Engga berharap, seluruh instansi di OKI untuk memfasilitasi Kades/Lurah, serta mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan yang ada dalam BBGRM selama satu bulan kedepan. Sedangkan Kades yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung-jawab.
Terkait ADD, Engga meminta supaya Kades segera menindaklanjuti dengan penyusunan APBDesa melalui mekanisme Musrenbangdes di setiap desa. “Penggunaan ADD harus transparan dan dapat dipertanggung-jawabkan,” tandasnya. (eko)

Tidak ada komentar:

Pengikut

Office

Foto saya
Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, sumatera selatan, Indonesia