2016/04/20



Enam Kekuatan Diprediksi Warnai Suhu Politik di OKI
#Opini Media Sangat Dominan Pengaruhi Pemilih

KAYUAGUNG – Saat ini suhu politik pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), sudah mulai terlihat. Meskipun waktu pemilihanya masih terbilang cukup lama pada tahun 2018 mendatang, namun cukup berpengaruh dengan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), karena waktu pelaksanaan pilkada OKI akan berbarangan dengan pilkada Sumsel.
Untuk Kabupaten OKI sendiri, tampaknya ada enam kekuatan yang akan mewarnai suhu politik di OKI, dan dimasyarakat saat ini sudah mulai pihak-pihak yang mulai mensosialisasikan calon kandidat.
“Di desa Serinanti, saya pernah melihat ada sekelompok orang yang sudah memulai mensosialisasikan untuk mencari dukungan pada saat Pilkada di OKI, nanti,”  ungkap Heri warga setempat kepada Koran ini.
Dikatakannya, memang belum secara gamblang menyebutkan calonnya, tetapi mereka sudah mulai mengarah untuk mengajak warga menjadi relawan suksesi.
Hal senada di ungkapkan Medi, warga Desa Rangkui Jaya, menurutnya sudah dua kelompok orang yang datang kedesanya mensosialisasikan suksesi untuk pilkada di OKI kedepan.”Belum lama ini sudah ada dua kelompok yang mengajak menjadi team sukses untuk pilkada OKI, tetapi kelompok ini bukan dari tim imcamben,” ungkapnya.
Terpisah, salah satu sumber di Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKI yang namanya tidak minta di sebut, kepada Koran ini, mengatakan, diprediksi ada 6 kekuatan yang akan mewarnai suhu politik di OKI.
Adapun kekuatan tersebut diantaranya, kelompok incumben, kelompok keluarga Mawardi Yahya mantan Ketua DPRD OKI dan mantan Bupati Ogan Ilir, kelompok Keluarga Ishak Mekki mantan bupati OKI yang saat ini Wakil Gubernur Sumsel, kekuatan Kelompok Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang jumlah kursinya di DPRD bisa mencalonkan diri tanpa perlu koalisi, kekuatan kelompok partai gurem atau partai yang suaranya di DPRD kecil dan menjalin kekuatan dengan menggabungkan diri untuk mengusung pasangan calon, dan dua kekuatan calaon independent.
Menurutnya, suka tidak suka enam kekuatan ini, akan sangat mempengaruhi bagi suhu politik di OKI, dalam pilkada mendatang, dan opini media massa sangat besar pengaruhnya pemilih dalam mendulang populeritas ataupun sosialisasi bagi para kandidat.
Sementara, pantauan di lapangan selain kekuatan kelompok tersebut diatas, ada pula nama-nama person yang mulai disebut di masyarakat untuk layak ikut berkompetisi baik menjadi bupati OKI maupun menjadi wakil bupati OKI, diantaranya yang sudah mulai mucul diantaranya, H Husin SPd, yang saat ini menduduki posisi Sekretaris Daerah (Sekda OKI), Abdiyanto (Ketua DPC PDIP OKI), Agus Hasan Mekki (Sekretaris Golkar OKI), Solahudin Jakfar (Ketua Partai Nasdem), Subhan (Anggota DPRD OKI), Juni Alpansuri (Ketua DPC Partai Hanura) dan kandidat lainnya. (dri)

Tidak ada komentar:

Pengikut

Office

Foto saya
Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, sumatera selatan, Indonesia