2009/05/25

Kendaraan DPRD OI Nyaris Hangus Terbakar


* Terkait Manipulasi Data
oleh PPK Jejawi

KAYUAGUNG – Calon Legislatif (Caleg) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Ujang Hambali (44) mengadukan manipulasi data yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Jejawi Hadi Irawan ke Polres OKI.
Ujang Hambali didampingi Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten OKI Herman SH dan anggotanya Fahrudin SH mengadukan PPK Kecamatan Jejawi yang diketuai Hadi Irawan. Diduga PPK setempat telah memanipulasi data C1 yang dikirimkan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKI.
Menurut Ujang, di 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di desa tersebut, terbukti sudah 15 suara partai yang dihitung sebagai suara caleg tertentu, dan dirinya telah melaporkan kecurangan tersebut ke KPU Pusat dan Panwaslu Provinsi, dan meminta KPUD OKI untuk meninjau ulang hasil rekapitulasi di desa itu.
“Kami sudah menemukan 15 suara partai yang dihitungkan sebagai suara untuk caleg tertentu, dan kami juga mempunyai bukti rekpaitulasi PPK Jejawi yang tidak sesuai dengan perhitungan yang sebenarnya, dengan demikian saya merasa dirugikan, “ ungkap Ujang.
Sementara Ketua Panwaslu OKI Herman SH didampingi anggotanya Fahrudin SH saat dikonfirmasi, kemarin, mengatakan, pihaknya sebagai pendamping bagi caleg yang mengadukan kecurangan pemilu dan tidak bisa berbuat banyak.
“Kami hanya mendampingi para caleg yang mengadukan kecurangan pemilu saja, selebihnya tidak bisa karena ruang lingkup terbatas, “ jelasnya.
Kapolres OKI AKBP Drs Cok Bagus Ary Yudayasa melalui Kanit Gakkumdu Aiptu Acep Atmaja membenarkan telah menerima laporan dari caleg PPP dengan nomor laporan : LP/B/205/V/2009/Res OKI tersebut.
“Kami akan memeriksa terlebih dahulu barang bukti yang diberikan caleg tersebut, jika benar terjadi manipulasi data dari pihak PPK Jejawi, maka yang bersangkutan akan kita panggil guna memberikan keterangan,“ tandasnya. (ian)

Tidak ada komentar:

Pengikut

Office

Foto saya
Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, sumatera selatan, Indonesia